Tips Wisata ke Ancol, Naik Kendaraan Umum

Salah satu tempat wisata https://www.ancolmall.com/ yang bisa dikunjungi masyarakat di Jakarta dan sekitarnya adalah Taman Impian Jaya Ancol di Jalan Lodan Timur, Jakarta Utara.

Ancol terdiri dari beragam unit rekreasi, antara lain Dunia Fantasi (Dufan), Sea World, Atlantis Water Adventure, Faunaland, Ecopark, Pasar Seni, dan Jakarta Bird Land.

Sebagian besar unit rekreasi tersebut ramah untuk wisatawan keluarga yang membawa anak. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan, di antaranya bermain air di pantai, naik gondola, dan menjajal wahana di Dufan.

Bagi yang ingin berwisata ke Ancol, ketahui beberapa tips di bawah ini:

Tips berwisata ke Ancol

Naik kendaraan umum

Jika naik kendaraan pribadi ke Ancol, wisatawan harus membayar tiket kendaraan, ditambah tiket masuk.

Pada akhir pekan, tarif masuk kendaraan roda dua ke Ancol mulai Rp 20.000, sedangkan tarif kendaraan roda empat mulai Rp 30.000. Sementara itu, tiket masuk pengunjung seharga mulai Rp 25.000.

Maka dari itu, untuk menghemat biaya, sebaiknya gunakan transportasi umum, seperti bus.

Pengunjung dari arah Jakarta Timur dan Jakarta Pusat, misalnya, bisa naik bus koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu), lalu turun di Halte Ancol. Keluar dari halte tersebut, dan kamu sudah berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Setelah itu, tinggal menunggu bus Wara-wiri atau bus khusus di dalam area Ancol untuk menuju wahana yang diinginkan. Tidak ada biaya yang dibebankan untuk pengunjung yang menaiki bus ini, alias gratis.

Bus Wara-wiri dengan tulisan berwarna biru di kaca depan akan melintasi berbagai unit rekreasi, seperti Ecopark, Danau Monumen, dan Stasiun Gondola Kereta Gantung Ancol.

Perhatikan jam berkunjung

Taman Impian Jaya Ancol buka setiap hari, mulai pukul 06.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Kendati demikian, jam operasional setiap unit rekreasi di Ancol berbeda-beda. Wahana gondola, misalnya, beroperasi setiap hari dari pukul 11.00 WIB sampai 17.30 WIB pada hari biasa dan mulai pukul 10.00 WIB sampai 17.30 pada akhir pekan.

Lalu, jam operasional untuk penyewaan wahana speed boat dan swan pedal boat mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 18.00 WIB setiap harinya.

Selain akhir pekan, kawasan Ancol cukup ramai pengunjung pada hari biasa, khususnya sore hari.

Apabila ingin menghindari jam-jam ramai, cobalah datang sekitar pukul 13.00 WIB, namun jangan lupa membawa payung dan topi, serta menggunakan tabir surya karena sinar matahari masih menyengat pada waktu itu.

Tidak membawa hewan peliharaan

Beberapa lokasi di Ancol mencantumkan larangan bagi pengunjung untuk membawa hewan peliharaan.

Larangan ini berlaku di beberapa tempat, seperti dermaga di Danau Monumen dan Stasiun Gondola Kereta Gantung Ancol.

Mendampingi anak bermain

Di sekitar Danau Monumen, terdapat beberapa ayunan yang berjejer.

Pengunjung yang membawa anak bisa mengajak mereka bermain ayunan sembari melihat suasana danau pada sore hari, atau bermain pasir.

Selama anak bermain, sebaiknya orangtua mengawasi, salah satu alasannya agar anak tidak bersandar di pagar dermaga Danau Monumen.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *